Digital Note

Grab a coffe, take a seat, maybe listen to some music and relax by reading our digital daily diary. We want to share our minds and know how with you and the whole world!

Blog phones

Panduan Instalasi OSCommerce di komputer lokal

Pada posting kali ini saya akan membahas tutorial langkah demi langkah menginstall OSCommerce di komputer lokal. Bagi kamu yang bingung apa itu yang dimaksud dengan OSCommerce, saya akan memberikan sedikit penjelasan singkat. OSCommerce adalah CMS yang berguna untuk membuat toko online atau istilah kerennya adalah e-commerce.

Syarat yang dibutuhkan untuk menginstall OSCommerce adalah :

* PHP versi 4.2 atau versi yang lebih tinggi.
* MySQL Database versi 3.23 atau versi yang lebih tinggi.
* Apache web server versi 1.3 atau versi yang lebih tinggi.

Saran saya sebaliknya kamu mendownload XAMPP web server di situs XAMPP daripada kamu mendownload satu persatu software-software diatas. Untuk kamu yang ingin mengetahui cara menginstall XAMPP untuk sistem operasi Windows dapat membaca posting dengan judul panduan menginstall XAMPP. Apabila kamu mengalami masalah dalam menginstall XAMPP dapat membaca posting dengan judul masalah menginstall XAMPP. Lalu syarat terakhir yang tidak kalah pentingnya adalah mendownload software OSCommerce di situs OSCommerce. Pada waktu artikel ini ditulis OSCommerce sudah mencapai versi 2.2rc2a.

Berikut ini tutorial langkah demi langkah menginstall OSCommerce di komputer lokal. Saya menganggap kamu sudah menginstall program XAMPP di komputer kamu.

  1. Buat database MySQL untuk menampung data untuk OSCommerce. Bagi kamu yang lupa cara membuat database MySQL dengan menggunakan PHPMyAdmin di XAMPP dapat membaca posting dengan judul membuat database mySQL di XAMPP. Pada tutorial ini saya membuat database dengan nama oscommerce.
  2. Buat user account dengan semua hak akses untuk bagian structure dan bagian data untuk database oscommerce yang baru saja dibuat. Bagi kamu yang lupa cara membuat user account dapat membaca posting dengan judul membuat user account di XAMPP. Pada tutorial ini saya membuat user account dengan nama oscommerce dan password juga oscommerce.
  3. ekstrak file OSCommerce yang telah kamu download tersebut ke root dokumen XAMPP. Bagi kamu yang bingung dimana letak root dokumen XAMPP dapat membaca posting dengan judul letak document root pada XAMPP. Saya menaruh file OSCommerce di dalam directory oscommerce-2.2rc2a seperti yang ditunjukkan pada gambar dibawah ini.
    oscommerce-directory-300x16
    oscommerce directory
  4. Panggil proses instalasi OSCommerce dengan cara mengetikkan http://localhost/oscommerce-2.2rc2a/catalog/install/ pada web browser kesayangan kamu. Bagi kamu yang menyimpan file OSCommerce di directory lain dapat memanggil proses instalasi dengan cara localhost/nama directory tempat kamu menyimpan file OSCommerce/catalog/install. Contoh apabila kamu menyimpan file OSCommerce di directory coba, maka kamu dapat memanggil proses instalasi OSCommerce dengan cara mengetikkan localhost/coba/catalog/install pada address bar web browser.
  5. Apabila kamu sukses memanggil proses instalasi OSCommerce maka tampilan web browser kamu akan seperti gambar berikut ini
    tampilan-awal-instalasi-oscommerce-300x182
    Tampilan awal instalasi OSCommerce
  6. Klik tombol continue. Maka tampilan web browser kamu akan seperti gambar berikut ini
    instalasi-oscommerce-step-2-300x175
    Instalasi OSCommerce step 2
  7. Isikan Database server, Username, password, dan database name. Saya mengisikan database server dengan localhost, username dengan oscommerce, password dengan oscommerce, dan database name dengan oscommerce. Lalu klik tombol continue.
  8. Pada window berikutnya, OSCommerce akan menampilkan informasi mengenai WWW Address, dan Webserver Root Directory seperti yang ditunjukkan pada gambar berikut ini. Saran saya sebaliknya kamu jangan mengubah informasi apapun yang ada. Karena berdasarkan pengalaman saya apabila kamu mengubah informasi yang terdapat pada WWW Address dan Webserver Root Directory dapat menyebabkan error. Tolong ralat apabila saya salah.
    instalasi-oscommerce-step-3-300x175
    Instalasi OSCommerce step 3
  9. Klik tombol continue. Pada layar berikutnya kamu akan diminta untuk mengisikan nama toko, nama pemilik toko, alamat email pemilik toko, user name administrator dan password administrator. Saya mengisikan nama toko dengan coba, nama pemilik toko dengan coba, alamat email pemilik toko dengan coba@yahoo.com, user name administrator dengan coba, dan password administrator dengan coba. Kamu dapat melihat gambar berikut ini apabila kamu bingung. Lalu klik tombol continue.
    instalasi-oscommerce-step-4-300x175
    Instalasi OSCommerce step 4
  10. Web browser kamu kemudian akan menampilkan pesan yang menampilkan bahwa proses instalasi dan configurasi OSCommerce berjalan dengan sukses seperti yang ditampilkan oleh gambar berikut ini.
    instalasi-oscommerce-step-5-300x175
    Instalasi oscommerce step 5
  11. Kamu dapat mengklik tombol catalog untuk melihat toko online kamu. Jangan lupa untuk menghapus directory install yang terletak pada C:/xampp/htdocs/oscommerce-2.2rc2a/catalog/. Tampilan toko online kamu biasanya sama seperti gambar berikut ini
    gambar-toko-online-300x175
    Gambar toko online
  12. Untuk login sebagai admin kamu dapat mengetikkan http://localhost/oscommerce-2.2rc2a/catalog/admin pada address bar web browser kamu. Tampilan login OSCommerce dapat dilihat pada gambar dibawah ini
    gambar-administrator-login-oscommerce-300x175
    Gambar Administrator Login OSCommerce

Oke sekian saja posting kali ini. Selamat mencoba dan good luck ;)

Trackback from your site.

Leave a comment