Digital Note

Grab a coffe, take a seat, maybe listen to some music and relax by reading our digital daily diary. We want to share our minds and know how with you and the whole world!

Blog phones

Filter Mac Address dan IP Address di Mikrotik

Sesuai dengan judul, kali ini saya akan membahas tentang bagaimana caranya melakukan filtering Mac Address dan IP Address di Mikrotik. Secara garis besar filtering ini dilakukan untuk menghindari penyusup atau maling bandwidth terutama dalam jaringan wireless. Yang notabene sangat rentan dari serangan orang2 yang ingin mendapatkan koneksi internet gratis seperti saya, hehehe…

Sejujurnya saya adalah seseorang yang selalu ingin mencoba mendapatkan koneksi internet gratis dari jaringan orang lain. Beberapa kali saya mencoba masuk kedalam jaringan orang lain, dan beberapa diantaranya sangat rawan karena dari segi security sangat kurang. Bahkan dapat saya katakan tanpa security sama skali. Sehinga untuk orang awam seperti saya pun bisa ikut nyantol dapat koneksi internet gratisan. Hehehe…

Sedikit cerita saya tersebut dapat menggambarkan betapa rentannya jaringan wireless. Tetapi dari beberapa percobaan saya untuk menembus jaringan wireless, sedikit diantaranya juga ada yang menerapkan sistem keamanan seperti WEP, WAP dan filtering mac address. Untuk yang menggunakan sistem keamanan WEP dan WAP, saya sendiri belum pernah mencoba untuk nge-crack-nya. Kenapa? Karena saya malas menunggu, tetapi dari beberapa artikel yang saya baca dan informasi dari temen, katanya sih tidak terlalu sulit untuk menembus sistem keamanan seperti WEP dan WAP ini. Tetapi tetap saja saya malas untuk mencobanya. Dan dari hasil baca-baca dan analisa sepertinya sistem keamanan filtering mac address yang cukup sulit untuk di tembus, walaupun tetap ada caranya untuk bisa menembus sistem keamanan seperti ini. Dan berdasarkan hasil analisa saya itu, maka saya mencoba menerapkan filtering mac address pada jaringan yang saya kelola saat ini. Filtering saya terapkan disini ada di mokrotik, bukan di Access Point seperti kebanyakan orang. Kenapa seperti itu, karena saya tidak ingin membebani AP dengan filter seperti ini. Maka saya pilih mikrotik untuk melakukan filter mac address dengan pertimbangan mikrotik mempunyai resource lebih dari pada AP.

Ok, langsung praktek nya aja. Saya anggap anda sudah mempunyai server mikrotik.

Pertama yang harus dilakukan login terlebih dahulu ke mikrotik Anda melaluin winbox, sehingga akan muncul tampilan seperti:

Lalu klik interface dan double klik intercafe lokal Anda seperti gambar dibawah ini:

Maka akan muncul tampilah seperti ini:

Pada bagian ARP pilih reply-only dan klok OK. Selanjutnya klik IP –> ARP seperti pada gambar dibawah ini:

Dan klik tanda + seperti terlihat di gambar atas, maka akan muncul seperti gambar dibawah ini:

Pada bagian New ARP Entry, masukan IP Address dan Mac Address yang sesuai dengan client Anda, pada interface sesuaikan dengan interface lokal jaringan anda, seperti yang anda pilih sebelum nya di bagian intercafe tadi.

Source: http://nowwayhome.blogspot.com/2008/07/filter-mac-address-dan-ip-address-di.html

Trackback from your site.

Comments (2)

  • Avatar

    saepudin

    |

    mau nanya gan, jadi yang dimasukan IP sama MAC address di ARP itu yang bisa akses internet?

    Reply

    • Avatar

      Adi Wicaksana

      |

      bukan gan, maksudnya adalah hanya client dengan IP dan MAC tertentu yang bisa konek ke mikrotik, selain itu gk bakal bisa konek.
      misalnya nih gan:
      agan punya usaha hotspot sendiri (RT/RW net) nah yg boleh mengakses adalah klient tertentu dimana laptop/komputer yang udah didaftarkan ke mikrotik, jd device yang belum didaftarkan gk bakal bisa konek, bahkan konek hotspot aja gk bisa (jk IP DHCP server ditaruh di mikrotik -> AP hanya sebagai pemancar sinyal saja)
      untuk menambah kesulitan dari orang-orang yg suka sniffing
      #Semoga paham

      Reply

Leave a comment