Digital Note

Grab a coffe, take a seat, maybe listen to some music and relax by reading our digital daily diary. We want to share our minds and know how with you and the whole world!

Blog phones

(500) Internal Server Error pada Joomla

500servererrorBagi yang sering bermain Joomla pasti pernah mengalami webnya error seperti ini

500 - Internal Server Error

Ini diakibatkan karena mengaktifkan fitur pada SEO setting dengan menggunakan URL rewriting. Untuk dibeberapa server memang kebanyakan jarang sekali mengalami Error yang seperti ini, tetapi dibeberapa web hosting ada yang error setelah mengaktifkan fitur URL rewrite. Sebenarnya ini bukan masalah dari pihak hosting karena kebanyakan orang menganggap bahwa Internal Server Error merupakan konfigurasi web servernya belum sepenuhnya terkonfigurasi sehingga harus menanyakan ke penyedia hosting.

untuk kode Error 500 biasanya diakibatkan adanya kesalahan konfigurasi pada file .htaccess yang berada pada root web anda. Untuk itu maka silahkan ikuti petunjuk ini jika web anda yang menggunakan CMS Joomla mengalami Error seperti diatas

 

  1. Silahkan masuk ke filemanager yang berada pada CPanel atau hosting panel di tempat anda
  2. Silahkan edit file “.htaccess” 
  3. cari text 
    RewriteEngine On 
  4. kemudian tambahkan dibawahnya dengan text berikut
    RewriteBase / 
  5. Lalu save

Silahkan Cek kembali website anda pasti Error sudah tidak tampil kembali.

Sebenarnya untuk RewriteBase sudah ada pada file .htaccess tetapi ada tanda pagar (#) yang berarti baris tersebut di comment dan tidak di jalankan karena dianggap bukan kode oleh sistem karena adanya tanda pagar tersebut. Tetapi disini kita letakkan di bawah RewriteEngine supaya tidak ada masalah tentang adanya rule pada baris dibawahnya dengan kata lain semua konfigurasi sebaiknya diletakkan di atas kemudian disusul oleh rule-rule yang akan digunakan.

*** Semoga ini bermanfaat bagi anda ***

Tags: ,

Trackback from your site.

Leave a comment