Digital Note

Grab a coffe, take a seat, maybe listen to some music and relax by reading our digital daily diary. We want to share our minds and know how with you and the whole world!

Blog phones

Eclipse for Android (Offline Installer)

android-eclipse3Bagi setiap orang yang akan memulai belajar android pasti haruslah mengerti bahasa pemrograman java karena android mayoritas menggunakan bahasa java. Anda yang sudah pernah menggunakan NetBean mungkin akan lebih mudah dan cepat memahami bahasa pemrograman android. Ada beberapa tool yang harus dipersiapkan sebelum memulai belajar pemrograman Android.
Kali ini saya akan memberitahukan cara menyiapkan tool tersebut dengan Eclipse, untuk NetBean bisa juga digunakan untuk pemrograman android untuk caranya silahkan minta bantuan dengan Google karena saya hanya akan memberitahukan cara dengan Eclipse karena ini merupakan aplikasi yang freeware yang dikeluarkan oleh google.
Urutan langkahnya adalah

  1. Install JDK
  2. Install Eclipse
  3. Install plugin dari repo

Untuk langkah ke-3 memang harus Online tetapi ada trik untuk membuatnya Offline. Karena keterbatasan koneksi internet maka mungkin cara online tidak sesuai sehingga membuat saya mencari cara untuk dapat menginstall secara offline yakni dengan mendownload semua plugin yang diperlukan, diakhir artikel ini juga telah saya sediakan link download plugin yang digunakan untuk dalam tutorial yang saya paparkan.

Baik langsung saja menuju ke langkah penginstalan (jika semua file sudah siap loncat ke no 7):

  1. install Java SDK Nama filenya akan seperti  ”jdk-*-windows-i586.exe”. tanda bintang (*) menunjukkan versi dari jdk tersebut anda bisa menggunakan versi terbaru saat ini.
  2. install Eclipse Classic. Nama filenya seperti “eclipse-SDK-*-win32.zip”. tanda bintang (*) menunjukkan versi dari Eclipse. File ini hanya tinggal ekstrak saja ke tempat yang diinginkan. Selesai extrak anda dapat jalankan eclipse.exe untuk memastikan Eclipse sudah bekerja.
  3. install SDK Android Nama filenya seperti “installer_*-windows.exe”
  4. Download platform android di situs repo, sebenarnya saya tidak tau harus mendownload dimana tetapi saya menggunakan link http://dl-ssl.google.com/android/repository/android-2.2_r02-windows.zip yang saya dapat dari Google dengan versi android 2.2 karena saya beranggapan bahwa masih banyak pengguna Indonesia yang menggunakan android minimal versi 2.2 dan jika saya menggunakan android versi terbaru takutnya banyak yang menggunakan versi dibawah jadinya aplikasiku tidak laku ;-)… jika anda ingin menggunakan versi terbaru atau ingin dengan versi lain bisa cari melalui Google.
  5. Memasang platform-tool ini pun juga saya tidak tau dimana harus mendownload dengan bantuan Google akhirnya saya mendapatkan link http://dl-ssl.google.com/android/repository/platform-tools_r09-windows.zip untuk mendownloadnya
  6. Setelah semua downloadnya siap maka tetap ikuti langkah selanjutnya
  7. Masuk ke folder instalasi SDK Android x:\Program Files\Android\android-sdk\ (x = drive tempat anda menginstall SDK android)
  8. Extrak file platform-android (no-4) ke folder platform sehingga folder platform menjadi x:\Program Files\Android\android-sdk-windows\platforms\android-2.2_r02-windows
  9. Extrak platform-tool (no-5) ke folder instalasi SDK sehingga menjadi x:\Program Files\Android\android-sdk\platform-tools
  10. Jalankan SDK manager maka platform android dan platform tool secara otomatis sudah terinstall.
  11. Jalankan AVD manager untuk membuat android virtual device. lalu klik NEW
     
  12. Isikan Name dengan nama yang anda suka (ex. Android 2.2). Lalu pilih target dengan android yang ada (ex. Android 2.2 – API level 8). lalu isikan besaran memori SDcard yang akan diletakkan pada android (ex. 2 GiB). Lalu klik Create AVD.Proses ini kadang lama kadang sebentar.
  13. Sekarang kita menyiapkan untuk Eclipse-nya. silahkan jalankan eclipse anda.
  14. Silahkan klik menu Help->Install New Software. Kemudian klik tombol Add lalu isikan nama, misal Android Plugin Lalu klik tombol Archive dan mencari file ADT. usahakan file tersebut jangan berpindah-pindah lokasi. Lalu setelah open tunggu proses selesai dan klik tombol Select All kemudian Next sampai selesai.
  15. Setelah itu, masuk ke menu Window -> Preferences, pada menu Android isi  “SDK Location” dimana Android SDK terinstall. Misalkan C:\Program Files\Android\android-sdk-windows.  Lalu pilih Apply, OK.
  16. Masih dalam Eclipse, kita coba buat app Android pertama. Klik  File -> New -> Other (atau ctrln-N)  Pilih “Android Project”  dibagian Android.  Isi project name, pilih target, isi  application name, isi  package name (misalnya edu.upi.cs), isi Activity dengan “Utama”.  Lalu finish.
  17. Jalankan project tersebut dengan tombol play (ctrl-F11). Pilih Android Application.Tunggu AVD muncul dan loading  (untuk menghemat waktu, usahakan AVD tidak ditutup selama Eclipse masih terbuka).   Jika program Anda tidak muncul klik “menu” pada AVD.

 Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda yang limit koneksi.

Download

Nama Link Mirror
Java JDK Download
Eclipse Classic win32 Download
Android Platform 2.2 Download
Installer (SDK-AVD Manager) Download Download
Platform-tool Download Download
ADT  Download Download 

Tags: , ,

Trackback from your site.

Leave a comment