Try not to become a successful man
but try to be a useful human
Something that has not been done, often seem impossible.
We just believe that we have managed to do well

Pengetahuan tentang Android OS

Written by Adi Wicaksana. Posted in Android, Writers

FacebookTwitterShare

google-android
Android merupakan salah satu sistem operasi yang bersifat open source karena berbasis linux. Android lebih cenderung untuk perangkat mobile selular seperti smart phone maupun tablet PC walaupun ada juga android PC yang dapat diinstall di Komputer tetapi tetap fitur yang berada didalamnya diperuntukkan untuk device mobile. Android juga menyediakan platform yang bebas digunakan untuk para pengembang sehingga dapat menciptakan aplikasi yang dapat dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan mereka.

Di dunia ini terdapat dua jenis distributor sistem operasi Android. Pertama yang mendapat dukungan penuh dari Google atau Google Mail Services (GMS) dan kedua adalah yang benar–benar bebas distribusinya tanpa dukungan langsung Google atau dikenal sebagai Open Handset Distribution (OHD).

 

Sejarah

Android Inc. merupakan perusahaan software yang berdiri di Palo Alto, California Amerika Serikat. Pada tahun 2000 Google resmi bekerjasama dengan Android Inc. kemudian pada bulan Agustus 2005 akhirnya Android Inc. diakuisisi oleh Google Inc. Sejak saat itu muncul rumor bahwa Google hendak memasuki pasar telepon seluler. Hal ini menunjukkan indikasi bahwa Google sedang bersiap menghadapi persaingan dalam pasar telepon seluler. Rubin yang memimpin tim di perusahaan Google bertugas mengembangkan program perangkat seluler yang didukung oleh kernel Linux yang telah dimodifikasi, dan untuk setiap release-nya diberi kode nama berdasarkan nama hidangan makanan.

Pada bulan September 2007, Google mengajukan hak paten aplikasi telepon seluler (akhirnya Google mengenalkan Nexus One). Pada bulan november 2007, terbentuklah Open Handset Alliance yang merupakan konsorsium dari beberapa perusahaan :

Broadcom Corporation, Google, HTC, Intel, LG, Marvell Technology Group, Motorola, Nvidia, Qualcomm, Samsung Electronics, Sprint Nextel, T-Mobile dan Texas Instruments.

Mereka sepakat untuk membuat open standart bagi mobile phone. Pada hari yang sama, mereka mengumumkan produk pertama yaitu Android yang berbasis Linux kernel versi 2.6, salah satu jenis smart phone GSM yang menggunakan Android pada sistem operasinya, smart phone tersebut adalah HTC Dream, yang dirilis pada 22 Oktober 2008. Sejak Android, dirilis telah dilakukan berbagai pembaruan berupa perbaikan bug dan penambahan fitur baru. Telepon pertama yang memakai sistem operasi Android adalah HTC Dream, yang dirilis pada 22 Oktober 2008.

Bulan Desember 2008, bergabunglah 14 perusahaan lainnya yaitu : ARM Holdings, Atheros Communications, Asustek Computer Inc, Garmin Ltd, PacketVideo, Softbank, Sony Ericsson, Toshiba Corp dan Vodafone Group Plc. Hal ini merupakan langkah besar dalam sejarah Android untuk menjadi pemimpin dalam sistem operasi untuk mobile phone.

Fitur-fitur Android

Fitur yang tersedia di Android adalah:

  • Kerangka aplikasi: itu memungkinkan penggunaan dan penghapusan komponen yang tersedia.
  • Dalvik mesin virtual: mesin virtual dioptimalkan untuk perangkat mobile.
  • Grafik: grafik di 2D dan grafis 3D berdasarkan pustaka OpenGL.
  • SQLite: untuk penyimpanan data.
  • Mendukung media: audio, video, dan berbagai format gambar (MPEG4, H.264, MP3,

AAC, AMR, JPG, PNG, GIF)

  • GSM, Bluetooth, EDGE, 3G, dan WiFi (hardware dependent)
  • Kamera, Global Positioning System (GPS), kompas, dan accelerometer (tergantung hardware)

 

FacebookTwitterShare

Tags: ,

Trackback from your site.

Leave a comment

About Me

Adi Wicaksana yang lebih akrab dipanggil Aldo dan dengan keinginan untuk menjadi seorang ahli di bidang IT maka menghasilkan kemampuan handal dalam dunia programming maka oleh Rekannya termasuk Guru ketika SMA serta Dosen mendapatkan julukan Expert. read more »