Digital Note

Grab a coffe, take a seat, maybe listen to some music and relax by reading our digital daily diary. We want to share our minds and know how with you and the whole world!

Blog phones

Solusi…! Touchpad Tidak Berfungsi Setelah Update Ubuntu 10.04

Masalah ini terjadi pada Notebook Acer 4736G dengan sistem operasi Ubuntu 10.04 a.k.a Lucid Lynx. Sebelumnya, ketika pertama kali selesai instal Ubuntu, semua hardware terdeteksi dan dapat bekerja dengan baik (hanya VGA nVIDIA GeForce G105M yang memerlukan driver, tapi sudah tersedia pada repository Ubuntu 10.04). Kejadiannya lengkapnya sekitar beberapa hari yang lalu, setelah melakukan update (seperti biasanya) notebook saya restart, tapi ups… ternyata touchpad tidak berfungsi. Setelah utak-atik beberapa saat masih tetap tidak berfungsi, akhirnya

terpaksa menggunakan mouse USB. Penasaran, coba Googling untuk menemukan solusinya. Akhirnya setelah mendapatkan beberapa petunjuk saya, coba untuk mengikuti langkah-langkahnya.

  • Jika anda menginginkan jenis touchpad yang ada pada Acer 4736G, jalankan perintah:

$ cat /proc/bus/input/devices |grep TouchPad

hasilnya :

N: Name=”SynPS/2 Synaptics TouchPad”

  • Langkah berikutnya jalankan perintah:

$ sudo modprobe -r psmouse $ sudo modprobe psmouse proto=imps

  • Tetapi hasil konfigurasi di atas hanya berlaku untuk sesi aktif saat ini, jika sistem direstart maka perintah di atas harus dijalankan lagi. Agar konfigurasi ini aktif secara permanen, jalankan perintah:

$ sudo nano /etc/modprobe.d/options

  • Kemudian tambahkan baris berikut:

options psmouse proto=imps

Simpan dan tutup berkas ini. Selanjutnya restart notebook, seharusnya konfigurasi touchpad ini akan aktif secara otomatis. Semoga Bermanfaat :-D

Source: http://buddyholly.web.id/2010/06/solved-touchpad-tidak-berfungsi-pada-ubuntu-10-04.html

Tags:

Trackback from your site.

Leave a comment