Digital Note

Grab a coffe, take a seat, maybe listen to some music and relax by reading our digital daily diary. We want to share our minds and know how with you and the whole world!

Blog phones

Membuat Virtual Host di XAMP Windows

Ini sebagai pengalihan dari tulisanQ yang kemarin tentang LAMP di Ubuntu. Ini saya buat karena banyak yang Tanya “klo di windows gimana buatnya ?” nah karena anak didikQ masih wi***ws jadi ya apa salahnya klo saya buat tutorial ini sebagai media pendidikan karena dari pada ngomong hal yang sama dengan orang yang beda2.. bisa dower ni mulut.. wkakaka..

OK langsung aja ya… dalam tutorial ini saya menggunakan XAMP for windows bisa di download di apachefriends langsung sedot aja gun.. saya masih pake XAMP versi 1.7.3 soalnya versi ni udah mau bekerja dengan baik di Wi***wS 7   Trus install di D:   Ingat Cuma ganti C jadi D. di install di D supaya ga campur ma system yang ada di C.. biar aman juga sih, klo system mengalami ngadat… tau ndiri lah..

Sekarang lakukan hal berikut:

  1. Masuk ke folder xampp/apache/conf/extra
  2. Cari file httpd-vhosts.conf dan buka menggunakan notepad ato notepad++
  3. Sekarang anda bisa menghapus semua tulisan dan ganti aja dengan ini
NameVirtualHost *:80
<VirtualHost *:80>
ServerAdmin admin@localhost
ServerName localhost
ServerAlias localhost
DocumentRoot "D:/xampp/htdocs"
</VirtualHost>
# dibawah ini adalah vhost anda
<VirtualHost *:80>
ServerAdmin serveradmin@aldo-expert.com
ServerName aldo-expert.com
ServerAlias aldo-expert.com www.aldo-expert.com
DocumentRoot "D:/xampp/htdocs/aldo-expert.com"
</VirtualHost>
<VirtualHost *:80>
ServerAdmin serveradmin@localhost
ServerName aldo-expert.com
ServerAlias sub.aldo-expert.com
DocumentRoot "D:/xampp/htdocs/sub.aldo-expert.com"
</VirtualHost>

Penjelasan: Untuk membuat vhost ini tidak memperhatikan masalah sub domain karena semua memiliki setting sendiri-sendiri dan menyesuaikan dengan nama domain. Detailnya dalam dns memang melihat sub domain misal aldo-expert.com dengan sub.aldo-expert.com, aldo-expert.com adalah domain utama sub.aldo-expert.com maksudnya memiliki sub domain yang namanya sub di dalam aldo-expert.com Tetapi berbeda saat membuat vhost semua langsung ditulis aja settingnya ibaratnya mereka berdiri sendiri.

  1. Setelah selesai maka berhasil lah membuat vhost.
  2. Perlu diperhatikan di dalam setting terdapat document root. Anda harus menyediakan folder tersebut jangan sampe kelupaan.

WARNING: dalam membuat vhost folder yang digunakan semua berada dalam htdocs karena yang dibaca oleh xamp hanya folder htdocs dan yang berada didalamnya. Jangan membuat folder web yang berada diluar htdocs karena tidak akan bisa dibuka (saya pernah mencoba di drive lain tetapi halaman tidak mau muncul, itu dikarenakan hak aksesnya berbeda)

  1. Sekarang waktunya merestart xampp-nya cukup apache-nya saja. Caranya dengan control-panel-nya xampp lakukan stop kemudian start pada apache.

Dengan begini maka vhost sudah siap. Tetapi belum bisa diakses, kita perlu merubah sedikit pada file hosts yang berada pada path “C:/Windows/System32/drivers/etc”. untuk wi***ws7 file tersebut diproteksi dan tidak dapat di-edit, caranya copy-kan file tersebut keluar dari folder (misal di paste-kan ke desktop) kemudian file yang hasil copy-an tersebut yang di-edit   Tambahkan baris berikut yang paling bawah

127.0.0.1 localhost
127.0.0.1 aldo-expert.com
127.0.0.1 sub.aldo-expert.com

Jika sudah maka di-save dan file tersebut dipindahkan ke path “C:/Windows/System32/drivers/etc” gunakan system replace juga tidak apa, g bakal error   Sekarang coba akses menggunakan browser dan panggil alamat yang sudah dibuat.

*** Selamat dan Sukses ***

Supaya vhost yang telah dibuat dapat diakses oleh computer client dalam jaringan silahkan tambahkan dengan BIND9 atau DNS (domain name server). Saya tidak akan menjelaskan tentang ini, mungkin lain kale aja ya…. He..he..he..

BIND9 for wi***ws ada tinggal DW aja gun..   Jika ada pertanyan bisa contact saya..

Tags: , ,

Trackback from your site.

Leave a comment