Digital Note

Grab a coffe, take a seat, maybe listen to some music and relax by reading our digital daily diary. We want to share our minds and know how with you and the whole world!

Blog phones

Menulis Arab di Komputer

Jaman sekarang udah maju nulis arab aja g susah.. cukup klik atau pencet keyboard udah jadi tulisan arab, bahkan banyak software yang menyediakan untuk nulis arab tapi cari yang sesuai dengan keinginan/kebutuhan sangat susah, sekarang saya akan sharing nulis arab dengan mudah, hanya pake software mini karena ukurannya g sampe 1Mb.

silahkan download eiktub disiniBerikut petunjuk instalasinya: Windows 7 ato Vista

  1. Jalankan eiktub_setup.msi file self-extracting dengan mengklik ganda
  2. Tunggu sampe instalasi selesai. jika sudah selesai siap digunakan.

Windows Xp

  1. Untuk Windows XP ke bawah harus ada Microsoft.NET Framework (dotnetfx3.exe). maaf untuk ini saya tidak sediakan link downloadnya karena terlalu besar diatas 50Mb jadi bagi pengguna XP ke bawah silahkan search aja (minta tulung aja ma mbah google).
  2. jika sudah ada .Net-nya langsung install aja eiktub_setup.msi
  3. Setelah instalasi selesai, mengaktifkan dukungan script kanan-ke-kiri dengan melakukan hal berikut:Dari Control Panel Buka “Regional dan Language Options” seperti terlihat pada Gambar di bawah ini:

    Pilih tab “Languages” dan tandai check(centang) pada kotak “Install files for complex script and right-to-left languages (including Thai)” seperti pada gambar dibawah ini Klik Ok. Anda akan diminta untuk memasukkan disk Windows XP setup atau menunjuk ke lokasi direktori I386 pada hard drive Anda, jadi siapkan CD Windows XP atau anda gunakan windows instaler XP yang sudah anda copy ke hardisk.

  4. Anda sekarang siap untuk menjalankan aplikasi tersebut.

Berikut ScreenShot aplikasinya:

Dengan aplikasi ini kamu bisa ngetik dengan keyboard ataupun dengan klik tulisan arab yang di papan aplikasinya. Seperti yang terlihat untuk menulis alif gunakan huruf A (Shift+a), untuk harokat fathah gunakan huruf a kecil, kemudian untuk menulis harokat fathah-tanwin gunakan aN (a+Shift+n), dsb. Aplikasi ini sangat membantu dan mudah digunakan, simple, and rasoy ruma’nian… dengan aplikasi ini aq bisa bikin soal dengan tulisan arab… lumayan ngasi soal buat anak-anak TPA dtempatQ.. Aplikasi ini cocok diguanakn oleh siapapun bahkan dosen sekalipun.. yang penting siapa yang butuh langsung sedoot aja…

*** Ayooo nulis Arab ***

Nulis arab siapa takut… Semoga bermanfaat…!!!

Trackback from your site.

Leave a comment