Digital Note

Grab a coffe, take a seat, maybe listen to some music and relax by reading our digital daily diary. We want to share our minds and know how with you and the whole world!

Blog phones

Merubah fungsi mikrotik menjadi switch/hub 100% untuk LAN maupun Wifi

Mikrotik memang sudah powerfull untuk digunakan dalam jaringan apapun, sebenarnya untuk switch/hub sendiri sudah ada perangkat yang murah, tetapi kadang kita sebagai IT memanfaatkan peralatan yang nganggur supaya bisa terpakai kembali walau hanya sederhana

Tutorial kali ini saya akan memberikan cara supaya mikrotik berubah fungsi menjadi switch/hub untuk semua interface baik LAN maupun Wifi (jika mikrotik sudah memiliki wifi) sehingga semua interface dalam mikrotik menjadi switch/hub yang bisa saling terhubung

Topologi

Router -> mikrotik (ether1) -> interface selain ether1 ke client

jalur internet atau sumber jaringan menggunakan ether1 sehingga selain ether1 akan dijadikan switch/hub, langkahknya cukup mudah untuk ether2, dst.

Sebainya jika akan merubah mikrotik hanya akan menjadi switch/hub tanpa fungsi lain, anda bisa reset konfigurasi supaya mikrotik bersih dari segala pengaturan yang kemungkinan akan merepotkan.

Caranya cukup melakukan perubahan pada ether2 supaya bridge dengan ether1 (interface yang mengarah ke router atau sumber layanan)

mikrotik_bridge_masterport_1

cukup konfigurasi pada master port diarahkan ke ether1, lakukan hal yang sama untuk ether3/4/5 untuk master port ke ether1.

Nah.. bagi mikrotik yang ada wifi dan akan melakukan bridge ke ether1 maka ada beberapa langkah yang harus dilakukan

Buat Bridge dahulu yg nanti akan digunakan untuk wifi ke ether1

mikrotik_bridge_masterport_2

Setelah membuat bridge lalu pindah ke tab Ports lalu tambahkan 2 interface (ether1 dan wifi)

mikrotik_bridge_masterport_3

dengan 2 langkah tersebut, maka wifi akan ter-bridge dengan ether1, sehingga jika pada router yang terhubung ke ether1 memiliki DHCP/Hotspot Login, maka akan terimplementasi pada semua ether2/3/4/5,dst serta wifi mikrotik ini.

Semoga informasi ini membantu.

 

.

Trackback from your site.

Comments (2)

  • Avatar

    Markus

    |

    apakah bisa yang dijadikan switch hanya port LAN nya saja ? sedang kan untuk IP wifi nya tetap bawaan dar mikrotik ? thx

    Reply

    • Avatar

      Adi Wicaksana

      |

      Sangat bisa, jika hanya LAN saja maka cukup setting Master Port pada setiap interface LAN
      dan abaikan saja langkah bridge wifi ke ether1

      Reply

Leave a comment