Digital Note

Grab a coffe, take a seat, maybe listen to some music and relax by reading our digital daily diary. We want to share our minds and know how with you and the whole world!

Blog phones

Setting Mikrotik dengan Modem Bolt 4G/LTE

Cara Setting Modem BOLT 4G di MikroTik, kali ini saya coba setting modem BOLT 4G/LTE di MikroTik. Saya akan memfungsikan modem BOLT sebagai WAN / gateway koneksi internet pada router mikrotik. Kan Modem MiFi BOLT 4G/LTE MF90 sudah bisa jadi WiFi akses point untuk sharing internet ke user-user, kenapa harus pakai mikrotik lagi ?

Contoh kali ini kenapa harus pakai mikrotik lagi, sedangkan Modem MiFi BOLT 4G/LTE MF90 sudah bisa untuk sharing koneksi internet adalah :

  • Koneksi akses wifi client cuma bisa 8-10 koneksi, dengan wifi mikrotik bisa lebih dari 8 client.
  • Modem MiFi BOLT 4G/LTE tidak bisa bandwidth management, dengan mikrotik kita bisa melakukan pengaturan badwidth user & atur akses terbatas dalam penggunaan internet. Dengan iming2 speed 10x lebih cepat dari modem 3G/CDMA, bisa dibayangkan quota anda seboros apa.
  • Selebihnya anda bisa setting koneksi LAN mikrotik anda bagaimana yang biasa Anda harapkan.

Karena Modem MiFi BOLT 4G/LTE sudah built in WiFi akses point, di web GUInya tidak ada untuk disable WiFinya. Kalau saya hanya menyembunyikan nama WiFi / SSID di settingan modem BOLTnya di WiFi Setting > Basic Setting > Broadcast Network Name (SSID) set Disable.

Saya memanfaatkan port USB yang tersedia di MikroTik RB951Ui-2HnD, bisa diaplikasikan dengan type routerboard lainnya yang mempunyai port USB. Setelah anda colok Modem MiFi BOLT 4G/LTE di port USB routerboard Anda. Lihat pada menu di winbox System > Resources > USB akan terlihat driver modem BOLT anda terdeteksi oleh mikrotik. Kemudian pada menu winbox Interfaces akan muncul 1 interface dengan nama “lte”.

Yang anda lakukan hanya lah menjadikan mikrotik client DHCP dari modem MiFi BOLT anda, caranya masuk winbox klik menu IP > DHCP-Client > klik “+” > pada kolom “Interface” pilih “lte” kemudian klik OK. Pada menu IP > Addresses akan muncul IP address yang diberikan oleh modem bolt dan di IP > Routes akan muncul default gateway ke IP default Modem MiFi BOLT 4G/LTE yaitu 192.168.1.1.

modem_bolt_mikrotik_2

Test router mikrotik apa sudah bisa terkoneksi dengan internet menggunakan New Terminal dan test “ping google.com”

Trackback from your site.

Leave a comment